Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan


Buah Belimbing bisa untuk menjaga sistem pencernaan
Sistem pencernaan tubuh akan terjaga dengan baik apabila kita mendapatkan asupan serat yang cukup. Dalam kontek ini buah belimbing mengandung serat yang tinggi, Anda bisa mendapatkan asupan serat yang lebih baik ketika mengonsumsinya.

Kandungan serat tersebut tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan saja, tetapi kandungan serat tersebut juga mampu mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan.

Adapun gangguan sistem pencernaan yang bisa diobati dengan belimbing antara lain seperti diare, sembelit, disentri, dan masih banyak lagi. oleh sebab itu bagi Anda yang ingin sistem pencernaan sehat dan lancar, konsumsilah buah belimbing secara rutin.

Buah Belimbing bisa mencegah penyakit kanker
Kanker merupakan penyakit mematikan yang sangat ditakuti oleh siapa saja, saya juga salah satunya. Sebab penyakit ini dapat membunuh penderitanya dengan sangat mudah hanya sekejap saja.

Mencegah kanker dapat Anda lakukan dengan mengonsumsi buah buah belimbing secara rutin. karena buah belimbing mengandung vitamin C tinggi yang cukup baik untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Menurut para ahli, kandungan vitamin C pada belimbing mampu memenuhi sekitar 57 % kebutuhan tubuh setiap harinya. Bisa dikatakan besarnya vitamin C pada belimbing hampir sama dengan jeruk yang notabenya merupakan rajanya vitamin C.

Buah Belimbing kaya akan kandungan antioksidan
Vitamin C memang merupakan salah satu antioksidan alami, akan tetapi buah belimbing sebenarnya juga menyimpan kandungan senyawa antioksidan lainnya, yang tentunya sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan flavonoid polifenol, quercetin, epicatechin, dan asam galat digadang-gadang merupakan kandungan antioksidan yang membuat khasiat buah belimbing sangat besar sekali bagi kesehatan.

Kandungan-kandungan antioksidan semacam ini tidak hanya berkhasiat untuk menangkal radikal bebas saja, tetapi kandungan tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh kita terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Buah Belimbing bisa meningkatkan kinerja enzim dalam tubuh
Manfaat buah belimbing selanjutnya berkaitan dengan kerja enzim. Buah belimbing mengandung vitamin B kompleks yang cukup lengkap. Kandungan vitamin B komplek tersebut antara lain seperti folat, riboflavin, dan juga piridoksin (vitamin B-6).

Apabila dikonsumsi secara bersama-sama, kandungan vitamin B kompleks tersebut sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan kinerja enzim dalam tubuh, terutama enzim yang berhubungan erat dengan sistem metabolisme tubuh.

Buah Belimbing bisa mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi)
Hipertensi dapat muncul disebabkan karena adanya kandungan sodium terlalu tinggi di dalam tubuh, akibatnya asupan kalium yang bermanfaat untuk sistem peredarah darah menjadi menurun.

Nah untuk meningkatkan jumlah kalium tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah belimbing. Sebab buah satu ini mengandung senyawa mineral kalium yang cukup tinggi.

Selain berkhasiat untuk mengatasi hipertensi, kandungan mineral seperti zat besi dan magnesium pada belimbing dipercaya juga cukup efektif untuk mengurangi resiko tubuh kita terkena penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

Buah Belimbing bisa mengatasi gangguan ginjal
Batu ginjal merupakan penyakit organ ginjal yang cukup serius dan berbahaya. Sebab penyakit tersebut sampai sekarang belum ada penawarnya. Akan tetapi Anda dapat mencegah batu ginjal tersebut dengan mengatasi beberapa gangguan kecil organ ginjal yang muncul.

Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang tahun 2003, buah belimbing mengandung asam oksalat yang cukup tinggi. kandungan asam ini akan bekerja maksimal dengan kalium pada bagian organ ginjal.

Adapun manfaat belimbing bagi kesehatan ginjal antara lain seperti melarutkan kotoran pada ginjal, mencegah oksidasi negatif penyebab kerusakan ginjal, merawat nefron ginjal, dan masih banyak lagi.

Buah Belimbing bisa mengurangi kadar kolesterol jahat
Kolesterol pada dasarnya dapat dibagi menjadi 2 yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Sesuai dengan namanya, kolesterol jahat tidak baik bagi kesehatan tubuh, sedangkan kolesterol baik itu penting dan diperlukan oleh tubuh.

Buah belimbing mengandung pektin yang cukup tinggi, menurut para ilmuwan asal Hongkong, pektin tersebut mampu mengikat kolesterol jahat dalam tubuh dan membuangnya melalui sekresi empedu.

Dengan demikian, khasiat buah belimbing bagi kadar kolesterol jahat dalam tubuh sangatlah baik sekali.

Buah Belimbing bisa untuk mengatasi peradangan
Tubuh sangat rentan terkena peradangan, seperti peradangan aklibat asam urat, rematik, luka, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi peradangan-peradangan tersebut ada baiknya Anda mengonsumsi buah belimbing secara rutin.

Sebab, menurut para ahli buah belimbing mengandung senyawa anti-inflamasi yang cukup tinggi. Selain berkhasiat mengatasi peradangan, kandungan anti-inflamasi tersebut juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat dari peradangan tersebut.

Buah Belimbing baik untuk kesehatan mata
Seperti yang telah saya sampaikan diatas, buah belimbing mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Sama seperti dengan wortel, kandungan vitamin A buah belimbing ini sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula.

Bahkan beberapa ahli juga mengungkapkan, dengan mengonsumsi buah belimbing secara rutin, maka penglihatan kita akan jauh lebih tajam dari pada seseorang yang tidak mengonsumsi buah tersebut.

Buah Belimbing meningkatkan vitalitas
Ini dia manfaat buah belimbing yang selalu dinanti-nanti oleh setiap pasangan suami istri. Yup, dengan kandungan berbagai nutrisi penting, buah belimbing mampu meningkatkan vitalitas seseorang. Khasiat belimbing satu ini berlaku baik untuk wanita ataupun pria dewasa.

Tidak hanya berkhasiat meningkatkan vitalitas saja, tetapi kandungan nutrisi mineral alami seperti zat besi, magnesium, fosfor, kalium, kalsium, dan lainnya dipercaya juga bermanfaat untuk merawat organ reproduksi manusia.

Related Posts

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh